Tangsel – cliktangsel.com. Pernah mendengar sungai bernama Cheonggyecheon? Sungai itu merupakan salah satu destinasi wisata populer di Seoul, Korea Selatan. Ciri khasnya adalah bantaran sungai yang disulap menjadi pedestrian dengan desain yang modern. Ternyata, pemandangan serupa juga bisa ditemui di Taman Kota 2 BSD, lho!

Taman di kawasan Serpong, Tangerang Selatan ini baru saja selesai revitalisasinya pada awal tahun 2021. Area bantaran sungainya yang terkenal sebagai Jaletreng Riverpark kini tampil lebih modern dan kekinian. Selain spot hits tersebut, berbagai fasilitas lainnya turut melengkapi taman ini.

Seperti halnya Taman Kota 1, taman ini juga tidak memberlakukan tiket masuk. Publik bisa menikmatinya tanpa perlu membayar sepeserpun. Siapkan uang lebih untuk membayar tarif parkir bagi yang membawa kendaraan sendiri.
Taman ini dapat buka setiap hari. Dengan jam buka yang sama dengan Taman Kota 1. Pengunjung biasanya meramaikan taman di pagi dan sore hari, terutama pada hari libur.

Taman Kota 2 BSD tidak lain merupakan ‘saudara’ dari dari Taman Kota 1. Jarak keduanya pun tidak terlalu berjauhan. Namun, taman ini memang jauh lebih luas dibandingkan pendahulunya.

Areanya menutupi lahan seluas 7,2 hektare serta memiliki danau buatan. Sejak tahun 2011, taman ini berubah statusnya menjadi hutan kota. Hal ini karena sebagian besar areanya tertutupi pepohonan. Selain sebagai tempat resapan air, pepohonan rindang ini juga menyuguhkan suasana sejuk dan teduh.

Di sisi lain, taman ini juga memiliki area pinggiran sungai bernama Jaletreng River Park. Baru-baru ini area tersebut mengalami renovasi besar-besaran. Sebelumnya bantaran sungai ini tampil polos dengan Dam sederhana dari beton dan tanah. Namun kini penampilannya jadi lebih segar dengan fasilitas promenade nan cantik.

Fasilitas Taman Kota 2 BSD
Taman ini sudah memiliki fasilitas area parkir yang luas, sehingga leluasa bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Di dalamnya, terdapat toilet umum, kios dan penjaja makanan, serta mushola yang nyaman.

Sarananya terdiri dari pedestrian, jogging track, skatepark, arena bermain anak-anak, bangku taman, hingga pendopo. Ada juga panggung terbuka yang bisa sering menggelar acara-acara tertentu.

Alamat Taman Kota 2 BSD
Taman rekreasi tengah kota ini terletak di kawasan Serpong. Pintu masuknya bisa diakses melalui Pusat Tanaman Hias BSD di Jalan Raya Victor, Setu, Serpong, Tangerang Selatan. Akses masuk area riverpark berada di Jalan Setapak. Taman ini cukup mudah aksesnya baik dengan transportasi umum maupun pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *