cliktangsel.com – Salah satu faktor terpenting dalam ibadah kurban yakni dengan memberikan kurban yang terbaik. Beberpa hewan yang biasa dijadikan kurban seperti Sapi, Kambing, Kerbau atau Domba haruslah dalam keadaan yang baik dan sehat. Untuk itu, ada beberapa tips atau kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan kurban.

Ketentuan Hewan yang Bisa Dijadikan Kurban

Menurut para ulama, hewan yang bisa dijadikan kurban harus memenuhi tiga syarat:

  • Pertama, harus hewan ternak, yaitu unta, sapi, kambing, atau domba.
  • Kedua, harus mencapai usia minimal yang telah ditentukan oleh syariat.
    • Unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6.
    • Sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3.
    • Domba usia 1 tahun atau minimal berumur 6 bulan. bagi yang sulit mendapatkan domba yang berumur 1 tahun.
    • Kambing minimal berumur 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2.
  • Ketiga, harus sehat, tidak cacat, dan tidak berpenyakit.

Kondisi hewan kurban harus dalam keadaan sehat. Ini dapat dilihat dari alat indranya mata masih terlihat cerah dan tidak belekan, cermin hidung yang basah dan bersih. Secara fisik, bulu hewan juga dalam keadaan bersih dan tidak kusam, tidak kurus, gerakan lincah, serta memiliki nafsu makan yang baik.

Hewan kurban juga tidak dalam keadaan cacat, seperti tidak buta, pincang, tanduk dan daun telinga juga masih telihat utuh serta buah zakar masih utuh dan lengkap sepasang atau tidak dikebiri. Hewan yang ingin dikurbankan juga harus dalam keadaan yang telah cukup umur, seusai dengan jenis hewannya. Untuk Kambing dan domba dibutuhkan satu tahun lebih, untuk Sapi dan Kerbau dibutuhkan dua tahun lebih dan ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi.

One thought on “Jenis – Jenis Hewan Kurban Menurut Ketentuan Islam”
  1. Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *