Dibalas Kemendikbudristek Keluarkan Surat Edaran Tentang Ini

cliktansel.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengeluarkan surat edaran nomor 14 tahun 2023 yang mengatur tentang penyelenggaraan wisuda sekolah.

Surat edaran ini ditujukan kepada seluruh kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota, serta seluruh kepala satuan pendidikan di Indonesia.

Dalam surat edaran tersebut, Kemendikbudristek menegaskan bahwa wisuda sekolah bukanlah kewajiban dan tidak boleh memberatkan orang tua atau wali murid.

Hal ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA).

Kemendikbudristek juga mengimbau agar seluruh satuan pendidikan bersama dengan komite sekolah melakukan musyawarah dan melibatkan orang tua atau peserta didik dalam menentukan suatu kegiatan.

Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah.

Surat edaran ini dikeluarkan sebagai respons terhadap protes publik yang menilai bahwa wisuda sekolah adalah kegiatan yang tidak perlu dan membebani.

Banyak orang tua atau wali murid yang mengeluhkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli baju toga, foto, dan atribut lainnya.

Kemendikbudristek berharap agar surat edaran ini dapat memberikan kejelasan dan ketentraman bagi seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan wisuda sekolah.

Kemendikbudristek juga mengapresiasi seluruh satuan pendidikan yang telah berhasil melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian di masa pandemi dengan baik.
dikutip dari radarmukomuko.com

3 thoughts on “Curhat Keberatan acara Wisuda SD, SMP, SMA dan SMK”
  1. When you have doubts about your children’s activities or the safety of their parents, you can hack their Android phones from your computer or mobile device to ensure their safety. No one can monitor around the clock, but there is professional spy software that can secretly monitor the activities of Android phones without making them aware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *