Tangsel – Sebanyak 87 ekor hewan kurban disebar ke berbagai pondok pesantren (Ponpes) dan masjid di wilayah Kota Tangerang Selatan. Jumlah itu terdiri dari 43 ekor sapi dan 44 ekor kambing. Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyebut, ada peningkatan jumlah hewan kurban tahun ini. Penyalurannya telah dimulai dan disalurkan sesuai pendataan yang telah dilakukan sebelumnya. ”Ada 43 ekor sapi dan 44 ekor kambing, jumlah penerima sesuai dengan jumlah hewan kurban. Semua hewan kurban akan kita serahkan ke ponpes dan masjid,” kata Benyamin, Selasa (27/6/2023).

Hewan – hewan itu dipesan khusus dari Sumedang, Jawa Barat. Seluruh hewan dipastikan dalam kondisi sehat dan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) maupun virus terbaru Lumpy Skin Disease (LSD). ”Hewan kurban kita pesan dari Sumedang,” ujarnya

Pada Iduladha tahun ini, kata dia, ada kenaikan dari jumlah hewan kurban kambing. Jika tahun 2022 hanya 36 ekor, maka tahun ini bertambah menjadi 44 ekor. ”Tahun ini ada peningkatan jumlah kambing yang kita bagikan, yaitu bertambah menjadi 44 ekor,” ucapnya. Sapi yang dipesan rata-rata memiliki bobot 500 hingga 600 kilo. Benyamin mengatakan, penyaluran hewan kurban itu dilakukan rutin dan ditujukan bagi masyarakat luas. ”Rata-rata per ekor bobotnya 500 sampai 600 kilo,” pungkasnya.

Orang nomor satu di Tangsel itu pun menghimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan kantong plastik saat membagikan daging hewan kurban. Sebab, menggunakan besek atau daun dinilai akan lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, Pemkot Tangsel telah menerapkan peraturan wali kota (Perwal) Tangerang Selatan, nomor 83 tahun 2022 tentang pengurangan sampah plastik.

Disisi lain, dengan limbah hewan kurban atau rumen, Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie pun berpesan agar warga tidak membuangnya ke saluran atau sungai.

2 thoughts on “Pemkot Tangsel Salurkan 87 Ekor Sapi dan Kambing ke Ponpes dan Masjid”
  1. Dzięki programowi monitorowania rodziców rodzice mogą zwracać uwagę na czynności wykonywane przez ich dzieci na telefonie komórkowym oraz łatwiej i wygodniej monitorować wiadomości WhatsApp. Aplikacja działa cicho w tle urządzenia docelowego, nagrywając wiadomości konwersacyjne, emotikony, pliki multimedialne, zdjęcia i filmy. Dotyczy każdego urządzenia z systemem Android i iOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *