cliktangsel – Bulan Agustus, bulan kedelapan dalam kalender Gregorian telah tiba. Bulan Agustus sendiri bagi negara Indonesia sangatlah penting, karena memiliki sejarah tersendiri.

Di mana di dalamnya banyak memiliki peristiwa-peristiwa penting yang tidak bisa dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu momen yang sangat penting adalah Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 1945.

Selain menjadi Hari Kemerdekaaan RI, ternyata bulan Agustus juga memiliki peristiwa penting lainnya yang patut di ketahui. Penasaran apa saja peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di bulan Agustus?

Berikut ulasan singkat dikutip dari berbagai sumber, di antaranya:

  1. Bom Atom Hirosima

Peristiwa penting pertama yaitu bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Di tanggal itu Amerika Serikat menjatuhkan bom atom uranium di Hiroshima.

Akibat dari peristiwa itu ratusan ribu penduduk Hiroshima menjadi korban jiwa. Operasi pengeboman tersebut merupakan penggunaan senjata nuklir masa perang untuk pertama kali dan satu-satunya dalam sejarah.

  1. Pembentukan PPKI dan Pembubaran BPUPKI

Para pemuda dan tokoh pejuang bangsa Indonesia bergegas mempersiapkan proklamasi kemerdekaan. Hal itu dilakukan setelah mendengar kabar kekalahan Jepang oleh sekutu.

Pada saat itu, para pemuda dan tokoh pejuang membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Pembentukan dilakukan pada tanggal 7 Agustus 1945.

Bahkan, di tanggal itu pula Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang merupakan bentukan dari Jepang, dibubarkan. Sebagai ganti dan kelanjutannya, dibentuklah PPKI tadi atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Inkai.

  1. Bom Atom Nagasaki

Amerika Serikat kembali melakukan pengeboman di Jepang, tepatnya di Nagasaki. Peristiwa itu terjadi tiga hari setelah pengeboman di Hiroshima tepatnya di tanggal 9 Agustus 1945.

Hingga menyebabkan sekitar 94 ribu orang menjadi korban jiwa. Dan bom yang digunakan saat itu di Nagasaki dinamakan Fatman.

  1. Menyerahnya Jepang kepada Sekutu

Jepang secara resmi menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Penyerahan itu dilakukan Jepang di kapal USS Missouri.

Kekalahan Jepang yang diumumkan oleh Hiroto selaku Kaisar Jepang itu menjadi akhir dari Perang Dunia II. Dampak Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu adalah terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia.

  1. Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa di mana Soekarno dan Hatta diculik satu hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia. Lebih tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945.

Peristiwa ini terjadi berkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Tujuan peristiwa Rengasdengklok adalah untuk mendesak Soekarno dan Mohammad Hatta segera melakukan proklamasi kemerdekaan.

  1. Kemerdekaan Republik Indonesia

Akhirnya 17 Agustus 1945 menjadi momentum negara Indonesia merdeka. Perjuangan para pahlawan melawan penjajah telah usai pada momen itu.

Di hari kemerdekaan Indonesia, Soekarno dengan didampingi Moh Hatta membacakan naskah proklamasi. Yaitu, tepat pada pukul 10.10 WIB di tempat kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur, Nomor 56, Jakarta.

  1. Penetapan Undang Undang Dasar 1945

Penetapan UUD 1945 ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Penetapan UUD 1945 dilaksanakan satu hari setelah hari kemerdekaan tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945.

  1. Pembentukan KNIP

Komite Nasional Indonesia Pusat atau KNIP dibentuk pada tanggal 29 Agustus 1945. Pendiri KNIP terdiri dari para pemuka masyarakat yang berasal dari berbagai daerah dan golongan, termasuk para mantan anggota PPKI.

One thought on “8 Peristiwa Penting Bulan Agustus di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *