cliktangse – Tangerang: Puncak musim kemarau yang dibarengi dengan fenomena El Nino diperkirakan bakal menerjang Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Hal tersebut berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Selain Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan pun masuk dalam kategori waspada. Ketiga wilayah itu harus siaga menghadapi dampak kekeringan pada puncak kemarau akibat fenomena El Nino,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Banten, Apolinaris Samsudin, Kamis (3/8/2023).

Ia merinci, untuk Kota Tangerang, ada tiga daerah dengan kategori waspada. Kemudian enam kecamatan yang masuk kategori siaga di Kota Tangerang.

“Daerah kategori waspada yakni Kecamatan Ciledug, Pinang, dan Karang Tengah. Sedangkan kategori siaga di antaranya Kecamatan Batuceper, Jatiuwung, Karawaci dan Priuk,” katanya.

Untuk Kabupaten Tangerang, lanjut dia, wilayah kategori waspada yakni Kecamatan Mauk. Sedangkan di Tangerang Selatan ada di Kecamatan Serpong Utara

Menurut Apolinaris, kondisi terkini di Provinsi Banten sudah mengalami kemarau. Walaupun dalam beberapa minggu terakhir masih turun hujan dengan intensitas ringan di beberapa daerah.

“Namun secara umum sudah masuk musim kemarau. Sesuai yang diprediksi BMKG, saat ini kondisi El-Nino sudah terpantau dalam kondisi lemah dan diprediksi menuju tinggi pada September hingga Oktober,” ucapnya.

Apolinaris menambahkan, ada beberapa daerah di Provinsi Banten yang sudah tidak lagi mengalami turun hujan. Hal itu menuntut perhatian dari pemerintah daerah untuk mengantisipasi kekeringan.

“Pertama, ada beberapa daerah dalam kategori sangat pendek 1-5 hari tidak turun hujan. Kemudian, kategori kondisi hari tanpa hujan selama 31-60 hari. Contohnya untuk Kabupaten Serang di Kecamatan Pontang, dan Kota Tangerang di Kecamatan Neglasari,” ujarnya.

2 thoughts on “Tiga Wilayah Tangerang Diprediksi Mengalami Dampak El Nino”
  1. Podczas robienia zdjęć telefonem komórkowym lub tabletem należy włączyć funkcję usługi pozycjonowania GPS w urządzeniu, w przeciwnym razie nie można zlokalizować telefonu komórkowego.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *