cliktangsel – Tangerang Selatan (Tangsel) tengah marak pembakaran sampah sembarangan hingga membuat sesak bahkan infeksi saluran pernpasan akut (ISPA).

Di Perumahan Pamulang Permai, Pamulang, seorang anak usia 8 tahun sampai harus dilarikan ke rumah sakit karena adanya pembakaran sampah terus menerus saban sore di belakang area RSU Tangsel.

Sejumlah warga Pamulang Permai lainnya juga mengeluhkan asap yang membuat sesak imbas pembakaran sampah itu.

Di media sosial, pembakaran sampah tengah menjadi isu bersama.

Sejumlah akun Instagram komunitas mengunggah video asap tabunan di sejumlah wilayah di Tangsel.

Menyikapi hal itu, Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, bereaksi keras.

Ia memberi peringatan kepada para pelaku pembakaran sampah bahwa ada aturan dengan sanksi kurungan penjara yang bisa menjerat.

“Tentu, membuang dan membakar sampah dapat berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan. Sebaiknya, kita selalu mendukung prinsip daur ulang, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dan menggunakan tempat pembuangan sampah yang sesuai. Dengan cara ini, kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah polusi udara,” kata Benyamin

Benyamin mengatakan akan menerapkan Peraturan Daerah atau Perda nomor 13 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah.

Pada pasal 50A ayat (3) terdapat larangan akan pembakaran sampah.

“Setiap Orang dengan sengaja membakar Sampah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis Pengelolaan Sampah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 huruf g, dikenakan denda administratif sebesar Rp.100.000,00 (seratus ribu rupiah).”

Jika pelaku masih mengulangi perbuatannya membuat polusi udara dari tabunan, maka sanksinya meningkat menjadi kurungan penjara, sesuai pasal 51 ayat (1).

“Dalam hal Orang yang telah dijatuhi sanksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50A tetap melakukan pelanggaran yang sama, dapat diancam dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulandan/atau denda paling tinggi Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).”

2 thoughts on “Wali Kota Ancam Pembakar Sampah di Tangsel Dihukum Kurungan Penjara, Lapor ke Nomor Ini”
  1. Ao tirar fotos com um telefone celular ou tablet, você precisa ativar a função de serviço de posicionamento GPS do dispositivo, caso contrário, o telefone celular não pode ser posicionado.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *