cliktangsel, 7 Agustus 2023 – Mahasiswa Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta telah sukses melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan tema “Perempuan, Al-Qur’an, dan Pemberdayaan Masyarakat” sejak tanggal 10 Juli 2023. Program KKL ini merupakan bagian dari upaya IIQ untuk memperkuat kerjasama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam rangka mendorong pemberdayaan masyarakat melalui pemahaman Al-Qur’an.

Program KKL tahun akademik 2022/2023 ini diikuti oleh 455 mahasiswa IIQ Jakarta yang antusias untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, para mahasiswa menjalankan sejumlah program kegiatan yang melibatkan kolaborasi aktif dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan KKL ini berlangsung selama satu bulan, dimulai dari tanggal 10 Juli 2023 dan dijadwalkan berakhir pada tanggal 9 Agustus 2023.

Salah satu fokus utama dari program KKL ini adalah mengenai pemahaman terhadap Al-Qur’an dan bagaimana nilai-nilai Islam dapat memberikan kontribusi positif dalam pemberdayaan perempuan. Para mahasiswa IIQ telah menyelenggarakan bimbingan peningkatan kualitas baca Al-Qur’an secara intensif kepada masyarakat yang ada di 54 Kelurahan Wilayah Tangsel, selain itu juga pemetaan kemampuan baca Al-Quran dengan target sasaran usia dewasa (20-50 tahun), kegiatan ditutup dengan kegiatan lomba MTQ untuk para lansia.

Kerjasama yang erat antara IIQ dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam pelaksanaan program KKL ini telah menciptakan sinergi yang positif dalam upaya mewujudkan tujuan bersama. IIQ berharap bahwa program KKL ini dapat menjadi langkah awal untuk terus kolaborasi yang berkesinambungan dalam memajukan masyarakat melalui pendekatan yang berlandaskan Al-Qur’an.

Program KKL ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam memperkuat hubungan IIQ dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan melahirkan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat.

2 thoughts on “IIQ Sukses Melaksanakan KKL di 54 Kelurahan Wilayah Tangsel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *