cliktangsel – Hari Veteran Nasional diperingati dan dirayakan setiap tahun pada 10 Agustus. Dan peringatan Hari Veteran Nasional telah dilakukan sejak 2015 hingga kini untuk mengenang jasa Veteran Nasional dalam memperjuangkan Kemerdekaan. Penetapan Hari Veteran Nasional 10 Agustus melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014.

Pada hari Rabu pagi ini, tanggal 10 Agustus 2023 bertempat di Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang beralamat di Jalan H. Usman No. 1, Ciputat-Kota Tangerang Selatan telah berlangsung acara peringatan Hari Veteran Nasional Ke 74 Tahun yang diinisasi dan diselenggarakan oleh Pemuda Panca Marga (PPM) dan LVRI Kota Tangerang Selatan.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka dengan doa dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjut dengan sambutan-sambutan dari Achmad Maulana selaku Ketua Panitia Acara, Didi Gamu Wakil Ketua LVRI Tangsel, Mayor Arm Sigit Arbianto Danramil Pondok Aren yang mewakili Dandim 0506 Tangerang, Richan Oktafiato Ketua PPM Kota Tangerang Selatan dan Wakil Walikota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan.

Pilar Saga Ichsan dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara peringatan hari Veteran Nasional merupakan Momentum untuk refleksi diri kita buat lihat bagaimana perjuangan para veteran ini harus dimaknai secara serius. Tidak mungkin kita bisa merasakan kehidupan yang layak ini. Ini semua buah perjuangan para veteran. Kita semua terutama generasi muda harus lanjutkan dan teruskan perjuangan ini. Tak hanya itu, Ia juga meminta masyarakat dapat memaknai dan menghargai perjuangan ini dengan menjadi generasi masa depan yang hebat. Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa hakekat manusia adalah melayani sesama bagaimana kita berjuang dalam membangun bangsa dan negara kita.

“Anda adalah penerus dan pejuang. Jadilah generasi masa depan yang hebat. Tugas melayani adalah tugas kita semua apapun profesi dan pendidikan kita. Gimana caranya kita berjuang membangun bangsa kita”, ujarnya.

Terakhir, Ia meminta seluruh masyarakat selalu tanamkan 4 pilar kebangsaan yang harus selalu diingat dalam mempertahankan perjuangan para veteran. Atas hal itulah, kita akan menjadi penerus yang dapat membanggakan.

“Generasi sekarang itu harus dibangun mentalnya. Kita itu harus satu semangat dalam mempertahankan perjuangan ini dengan ingat 4 pilar kebangsaan. Kita dorong pendidikan para anak dan cucu kita, kita itu tinggal melanjutkan perjuangan-perjuangan ini”, ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Richan Oktafianto dalam sambutannya lebih menekankan bagaimana kita semua ikut memperhatikan orang-orang tua kita yaitu para veteran terkait kelayakan kehidupannya khususnya kesehatan dan kesejahteraan, dimana total Veteran yang ada khususnya di Tangerang Selatan tinggal 15 orang Veteran.

Richan Oktafianto mengatakan juga banyak Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport berjalannya acara ini, khususnya kepada para panitia acara dan semua para undangan yang telah hadir antara lain wakil walikota, perwakilan dinas dispora, dinas sosial Tangerang Selatan, perwakilan LSM, ORMAS, TNI-POLRI serta rekan-rekan media.

Dilain pihak, Kabid Kepramukaan dari Dispora Tangsel Ilham Suyanto, S.Pd., MM yang hadir mewakili Kepala Dispora menyampaikan ucapan terima kasih kepada adik-adik pramuka siaga dari SDI Cikal Harapan dalam partisipasi dan ikut mengisi acara peringatan Hari Veteran Nasional Ke 74 Tahun.

“Pada acara ini Dispora hadir sebagai fasilitator dari kegiatan bulan bakti pramuka peduli Veteran dan alhamdulillah adik-adik pramuka siaga dari SDI Cikal Harapan BSD dapat berpartisipasi dan ikut mengisi sebagai petugas acara yaitu sebagai pembaca doa dan puisi. Harapan kami acara ini dapat menggugah semua stake holder yang ada di Kota Tangerang Selatan khususnya dari kalangan kepramukaan terhadap para veteran”, tutup Ilham.

One thought on “Pilar Hadiri Hari Veteran Nasional Ke 74 Tahun Yang Di Selenggarakan PPM Dan LVRI Tangsel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *