cliktangsel – International Music and Dance Folklore (IFOLK) Festival 2023 digelar di Tangerang Selatan. 120 orang pelaku seni dan budaya asal lima negara sahabat antusias memainkan alat musik angklung. Bahkan mereka terlihat kompak saat mengiringi lagu nasional Tanah Airku ciptaan Saridjah Niung yang dibawakan oleh kelompok musik dari sanggar Saung Kang Asli.

Suasana di atas mewarnai sesi jamuan makan siang acara International ‘Folklore Festival’ yang diselenggarakan mulai 20-27 Agustus 2023 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Ifolk Festival menjadi hubungan antarnegara melalui sosial budaya dan pariwisata. Budaya telah berhasil mempersatukan bangsa, dan ini sebuah kekayaan intelektual dari masyarakat.,” ungkap Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie kepada wartawan di sela acara Ifolk Fest di Puspemkot, Rabu (23/8/2023).

“Harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia,” terang Benyamin. Ia berharap kepada generasi muda, kenali budaya Indonesia. Budaya yang hidup sejak zaman lampau. Sebab dari budaya itu Indonesia bersatu.

“Semua perbedaan-perbedaan melalui budaya. Seni budaya tari, musik, lukis, pahat dan lain sebagainya. Indonesia di situ esensi keberagamaannya,” ungkap Benyamin.

Sebelumnya di lokasi yang sama, pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Ellen Hutabarat menyatakan, Ifolk Festival 2023 adalah pagelaran non-profit. Diselenggarakan bertujuan memperkenalkan pelestarian budaya.

“Antara pemusik dan penari dari berbagai negara di dunia,” paparnya. Kelima negara sahabat yang ikut serta antara lain, India; Philipina, Timor Leste; Korea Selatan; Srilanka.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama dengan IOV, lembaga nonpemerintah di bawah naungan UNESCO. Selama berada di Kota Tangsel para delegasi budaya asal lima negara sahabat mengikuti beberapa kegiatan pada lokasi terpisah.

Ellen sebutkan, penampilan kultur dan budaya di Living World, Alam Sutera; Trans Snow World di Bintaro; Puspo Budoyo di Ciputat. Kemudian juga parade budaya Desa Wisata di Keranggan, Kecamatan Setu.

“Tujuan diadakan kegiatan ini antara lain memperkenalkan budaya Kota Tangerang Selatan, pariwisatanya kepada partisipan luar negeri yang hadir,” jelas Ellen.

One thought on “Ifolk Fest 2023, Perkenalkan Seni dan Budaya Tangsel Kepada Lima Negara Sahabat”
  1. Rastreador de celular – Aplicativo de rastreamento oculto que registra localização, SMS, áudio de chamadas, WhatsApp, Facebook, foto, câmera, atividade de internet. Melhor para controle dos pais e monitoramento de funcionários. Rastrear Telefone Celular Grátis – Programa de Monitoramento Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *