cliktangsel – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan menjajal bus antar jemput sekolah gratis yang dipersiapkan bagi para siswa sekolah.

Pilar yang turut didampingi oleh jajaran dari Dinas Perhubungan (Dishub) tersebut, menaiki bus dan melakukan perjalanan ke sejumlah sekolah di wilayah Serpong, Tangsel, Senin (4/9/2023).

Pilar mengatakan, pengecekkan ini dilakukan guna memastikan kelancaran perjalanan bus antar jemput, yang akan dioperasikan sesegera mungkin.

“Saya harap beberapa hari ke depan tanggal 8 atau 7 mulai bisa dioperasikan untuk uji coba,” ujar Pilar sembari berdiri di dalam bus saat menjajal perjalanan bus ke beberapa sekolah di bilangan Serpong, Tangsel.

Pilar memaparkan, selama masa uji coba ini terdapat tiga armada bus yang akan dioperasikan. Namun jika keberadaan bus ini dapat menyedot antusias para pelajar untuk menggunakannya, maka Pemkot Tangsel telah siap untuk menambah jumlah armada bus antar jemput sekolah gratis ini.

“Uji coba ini ada tiga, kita lihat efektivitas dan antusiasnya. Ada satu bus lagi yang bisa digunakan tinggal dibranding lagi. Kita uji coba dulu. Kalau bagus kita tambahkan, jumlah armada tadi kita ngobrol sama Kepala Bapedalitbangda, kalau misalkan ternyata berhasil dan antusias besar kita tambahkan untuk anak-anak sekolah kita,” kata Pilar.

Ia mengatakan, fasilitas bus antar jemput gratis ini dapat dimanfaatkan oleh semua tingkat pendidikan.

“Dari TK, SD, SMP sampai perguruan tinggi. Bebas mau negeri atau swasta. Operasional pagi dan sore saat pulang. Yang penting pakai seragam untuk anak sekolah, dan kalau untuk mahasiswa bisa menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa,” jelas Pilar.

Selama perjalanan, Pilar terlihat begitu sangat menikmati. Sesekali Ia berdiri, dan juga duduk menjajal bangku yang tersedia. Bus tersebut juga dilengkapi dengan pendingin ruangan sehingga penumpang tetap merasa sejuk.

“Kapasitasnya, kalau duduk menampung sekitar 30-35 orang. Kalau duduk dan berdiri bisa 40-45 orang,” imbuhnya.

Selain itu, bus ini nantinya juga akan dilengkapi dengan aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa.

“Kita lagi bikin aplikasi oleh Diskominfo, supaya bisa tracking bus sekolah ini. Supaya anak-anak bisa tahu kapasitas bus dari setiap pemberhentian. Mereka dikasih aplikasi nanti,” kata Pilarnya.

Selama masa uji coba ini, kata Pilar, terdapat dua rute atau trayek yang akan dilalui oleh bus antar jemput gratis ini.

Rute pertama, bus akan melewati ruas jalan mulai dari Kecamatan Serpong Utara – Jalan Villa Melati Mas Raya Jalan Pahlawan Seribu – Jalan Letnan Sutopo – Jalan Boulevard BSD Timur – Jalan Anggrek Loka – Jalan Anggrek Ungu – Jalan Angsana – Jalan Pusaka Kencana – Jalan Artowijoyo – Jalan Wana Kencana – Tandon Ciater.

Kemudian rute kedua, melintasi Kantor Kecamatan Serpong Utara – Jalan Melati 1 – Jalan Villa Melati Mas Raya – Jalan Pahlawan Seribu – Jalan Letnan Sutopo – Jalan Ciater Raya – Jalan Benda Raya – Jalan Parakan, Pamulang.

“Untuk halte akan dibangun setelah uji coba, apakah berhasil atau tidak. Efektivitasnya nanti bagaimana, tahun depan kalau ini sudah ada hasil kajiannya, ternyata titik ini itu, baru kita bangun,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *