cliktangsel – Perusahaan rintisan (startup) yang fokus pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Bisa Tumbuh mengumumkan kolaborasinya dengan Rumah BUMN melalui kegiatan yang bertema ‘Tumbuh Bersama’ di Gedung Galeri Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (7/9/2023).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, turut menyatakan dukungannya terkait kolaborasi tersebut dan juga para pelaku UMKM di Kota Tangsel.

“Bisa Tumbuh mendedikasikan dirinya untuk berjuang mengembangkan UMKM di Indonesia, meng-upscaling para pengusaha mikro kecil dan menengah menjadi pengusaha besar. Dan satu hal yang membanggakan bagi kami adalah para pendiri perusahaan ini sebagian besar adalah sahabat-sahabat kami para pengusaha Tangsel yang hebat, yang telah memberikan sumbangsih untuk kota ini,” kata Pilar.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Bisa Tumbuh sebagai agregator pengembang UMKM melalui media Digitalisasi, dengan Rumah BUMN yang merupakan jembatan dalam akses permodalan pelaku UMKM dengan perusahaan dan perbankan milik negara.

Pilar berharap bahwa dengan adanya kolaborasi antara Bisa Tumbuh dengan Rumah BUMN, dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dan menembus pasar global.

“Ada jutaan UMKM di luar sana yang akan sangat terbantu dengan program yang dimiliki Bisa Tumbuh, bagaimana produk atau jasa dari para pelaku UMKM Indonesia diharapkan bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas dengan kecepatan teknologi informasi dan artificial intelligence yang dimiliki,” jelasnya.

Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangsel ke depannya juga akan meresmikan Gedung Koperasi ini sebagai bentuk nyata dukungan pemerintah terhadap para pelaku UMKM di Kota Tangsel.

“Ada tercatat 150 ribu pelaku UMKM di Tangsel yang mesti terus didukung dan dikembangkan dengan berbagai program pelatihan dan pendampingan usaha yang kami lakukan mulai dari pendampingan dari hulu ke hilir, semoga dengan hadirnya gedung ini pengembangan UMKM dan 16 subsektor ekonomi kreatif akan semakin terwadahi secara optimal,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir, menegaskan bahwa pihak pemerintah akan terus mendukung para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Mengingat, UMKM menjadi salah satu sumber dalam pembukaan lapangan pekerjaan.

“Peran UMKM kan sangat penting, kita bisa lihat ketika terjadi banyak krisis ya UMKM yang harus bener-bener kita lindungi karena UMKM itu jumlahnya sangat besar,” kata Erick Thohir.

Menurutnya hal yang tersulit dalam membangun UMKM ini adalah brand. Makanya perlu untuk melakukan kolaborasi dengan brand-brand lain.

“Jadi brand harus ketemu brand. Perlu mengintropeksi juga produknya. Jangan falling in love pada brand,” ujar Erick.

6 thoughts on “Pemkot Tangsel Dukung Kolaborasi Startup Bisa Tumbuh dengan Rumah BUMN”
  1. excellent post, very informative. I’m wondering why the opposite specialists of this sector do not understand this.

    You should continue your writing. I am confident,
    you’ve a huge readers’ base already!

    my webpage … vpn 2024

  2. Pretty section of content. I just stumbled upon your
    website and in accession capital to assert that I get actually enjoyed account your blog posts.
    Any way I’ll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

    Feel free to surf to my blog –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *