cliktangsel – Musyawarah Nasional (Munas) ke-XVI DPP Mahasiswa Pancasila (Mapancas) yang berlangsung selama tiga hari, Sabtu(30/9/2023) hingga Senin (2/10/2023) digelar di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Munas Mapancas tahun ini mengusung tema “Membangun Negarawan Muda Pancasila dan Penguatan Bela Negara Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Secara resmi, Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir membuka kegiatan itu, bertempat Estrella Hotel and Conference, Kelurahan Tanjung Tuwis, Sabtu (30/9/2023).

Menurutnya, kegiatan itu merupakan ajang silaturahmi nasional bagi seluruh kader untuk mengembangkan potensi dan kapasitasnya sebagai garda penjaga ideologi Pancasila, memperjuangkan pancasila sebagai ideologi serta nilai-nilai hidup berbangsa dan bernegara.

Di akhir sambutannya, wagub mengajak kepada seluruh peserta munas agar meluangkan waktu untuk berwisata di Kabupaten Banggai yang memiliki alam indah, laut luas sebagai destinasi unggulan indah dan eksotis.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Mapancas yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan menjelaskan, Mapancas adalah sebuah organisasi kepemudaan OKP dimana pada tahun 1958 tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1958 mapancas didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution dan juga Jenderal Gatot Subroto.

Mapancas ini menjadi salah satu organisasi yang tergabung dalam Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI).

Pada saat itu ada beberapa organisasi kubu pancasila diantaranya, petani pancasila, karyawan pancasila, wanita pancasila, guru pancasila, dan tahun 1958 ada mapancas dan adik paling terakhir adalah Pemuda Pancasila.

“Yang ada sampai detik ini hanya tinggal dua organisasi masih bertahan yaitu mapancas dan pemuda pancasila yang bertansformasi menjadi organisasi kemasyarakatan,” katanya.

Munas Mapancas ini dilakukan tiga tahun sekali karena merupakan kegiatan wajib dalam memilih ketua umum baru di setiap tiga tahun atau dalam satu periode kepengurusannya.

1,165 thoughts on “DPP Mapancas Gelar Munas ke XVI di Sulawesi Tengah”
  1. Hello.You have created a website, but it is not attractive to visitors.Maybe you need help?To get started, you need a good template. Templates can be found here – https://assist-hub.com/wordpress-themesHelp with setting up WordPress, writing content for the site, and SEO can be found here – https://assist-hub.com/fiverrPlugins will help you quickly set up your site, they can be found here – https://assist-hub.com/wordpress-pluginsHigh-quality images give your site a heartfelt touch, making it unforgettable. You can find them here – https://assist-hub.com/stock-imagesThis will help you start earning faster with the help of these sites.